Tips Sukses Buat Kamu Yang Ingin Jadi Freelancer

Saat ini istilah pekerja lepas (Bahasa Inggris: freelancer) mungkin sudah tidak asing lagi didengar. Perkembangan dan kemajuan teknologi yang begitu pesat semakin mendukung jenis pekerjaan yang satu ini. Orang tidak terpatok lagi harus pergi ke kantor setiap hari, menerjang kemacetan, hingga mengenakan seragam saat bekerja. Lalu, Bagaimana tips sukses freelancer?

Banyak orang yang kini tidak gengsi lagi menjabani pekerjaan freelance yang sering dianggap ‘tidak pasti’ atau sering terlihat ‘nganggur’ di rumah. Bahkan tidak sedikit freelancer yang pendapatannya bisa melebihi para pekerja full time. Lalu bagaimana caranya agar bisa menjadi seorang freelancer yang sukses?

Tips Sukses Menjadi Frelancer

Bekerja sesuai dengan passion

Tips freelancer

First of everything sebelum terjun ke dunia freelance, tentukan skill yang ingin kamu jual. Tentu saja skill yang dijual tersebut harus sesuai dengan passion yang kamu sukai. Mengapa demikian? Bekerja sesuai passion akan membuat kamu menikmati pekerjaan tersebut. Jadi kamu tidak akan merasa terbebani dengan pekerjaanmu. Setelah mengetahui skill yang dimiliki, asah skill kamu agar semakin berkembang dan bertambah baik. Banyak cara lho girls untuk kamu yang ingin mengasah skill kamu. Seperti mengikuti berbagai macam training, workshop, maupun kursus.

Memiliki portfolio atau pengalaman kerja

Tips sukses menjadi freelancer

Sebelum memulai promosi diri, sebaiknya kamu memiliki portfolio atau pengalaman kerja terlebih dahulu. Portfolio merupakan kumpulan hasil pekerjaan atau karya yang pernah kamu buat. Misalnya saja kamu seorang penulis, maka portfoliomu akan berisi seluruh tulisanmu yang pernah dimuat di berbagai media. Saran It Girl, kalau kamu memang masih minim pengalaman atau fresh graduate, sebaiknya jangan langsung memulai pekerjaan freelance. Kamu bisa bekerja secara part time atau full time dahulu untuk mendapatkan pengalaman maupun portfolio. Calon klien memang akan sangat mempertimbangkan seorang freelancer dari portfolio maupun pengalaman kerja.

Membangun personal branding

Tips freelancer

Setelah memiliki portfolio, sebaiknya lakukan branding diri pada berbagai media yang bisa dimanfaatkan, seperti blog pribadi atau media sosial. Buatlah berbagai akun media sosial yang terlihat profesional. Kemudian bagikan berbagai hal yang bermanfaat. Jangan sekali-sekali menuliskan hal yang negatif agar calon klien tidak menganggap kamu orang yang kurang profesional. Kamu bisa membuat profil profesionalmu di Facebook, Twitter, dan LinkedIn. Setelah itu, kamu bisa menambahkan teman-teman yang dapat berpotensi menjadi klienmu kelak. Buat jaringanmu semakin luas di media sosial. Blog juga tidak kalah pentingnya. Sebuah blog dapat membangun personal branding pada sebuah profesi tertentu, misalnya travel blogger, desainer, fotografer, dan masih banyak lainnya. Setelah media sosial dan blog, kamu bisa membuat kartu nama sebagai pelengkap. Kartu nama berfungsi sebagai personal branding secara offline. Kamu bisa menyebarkan kartu namamu sebanyak-banyaknya.

Bergabung dengan komunitas freelancer

Tips sukses freelancer

Setelah semua persiapan untuk promosi sudah dilakukan, kamu harus bergabung pada beberapa komunitas khusus freelancer agar semakin mempermudah kamu bertemu calon klien. Kamu juga bisa bergabung dengan berbagai situs marketplace khusus pekerja lepas seperti Sribulancer.com, Projects.co.id, Freelancer.com, Sribu.com, dan masih banyak lainnya. Dengan rajin-rajin mengecek beragam situs tersebut, kamu akan semakin mudah menemukan proyek, kemudian melakukan bidding kepada calon klien. Keuntungan mendapatkan job pada beberapa marketplace tersebut adalah sistem pembayaran yang akan menguntungkan kedua pihak, baik kamu sebagai freelancer maupun klien tersebut. Jadi tidak akan ada yang dirugikan dikemudian hari, misalnya pekerjaan yang tidak dibayar atau hasil pekerjaan yang tidak memuaskan. Situs-situs tersebut akan menjadi mediator di antara kedua pihak. Tapi ingat, kamu harus pandai-pandai dalam menetapkan fee yang bisa bersaing namun tidak terlihat terlalu murah. Katakan apa saja yang akan didapatkan oleh klien tersebut, apa saja keunggulan-keunggulan dalam layananmu. Kemudian berikan kinerja terbaik yang sudah kamu janjikan.

Itu tadi beberapa kiat-kiat yang bisa dilakukan agar bisa menjadi freelancer yang sukses. Banyak sekali skill yang bisa digunakan untuk jenis pekerjaan yang satu ini, seperti menulis, pemrograman, desain grafis, editing video, fotografer, public speaking, dan masih banyak lainnya. Manfaatkan beragam skill yang kalian miliki untuk mendulang rupiah dari mana saja. Namun ingat, kedisiplinan juga perlu diterapkan dalam pekerjaan freelance. Tidak hanya pekerja kantoran saja yang harus disiplin, namun seorang freelancer juga harus disiplin agar klien bisa semakin percaya dan menganggap profesional. Bagaimana, kamu berminat menjadi seorang freelancer handal?

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *